STANDAR KOMPETENSI :
Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus
KOMPETENSI DASAR :
2.1. Memahami
relasi dan fungsi
2.2. Menentukan
nilai fungsi
INDIKATOR :
2.1.1. Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi
2.1.2. Menyatakan relasi dan
fungsi dg diagram panah
2.1.3. Menentukan daerah
asal,daerah hasil, dan daerah kawan dari suatu fungsi.
2.1.4. Menyatakan suatu
fungsi dengan notasi
2.1.5. Menentukan bentuk
fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
2.1.6. Menyusun tabel
pasangan nilai fungsi
2.1.7. Menggambar grafik
fungsi pada bidang cartesius
RELASI
Dan FUNGSI
A.
Menjelaskan pengertian
Relasi
Relasi dari himpunan A ke
himpunan B adalah suatu aturanyang memasangkan anggota-anggota himpunan A
dengan anggota-anggota himpunan B.
Contoh :
Empat orang anak
memilih jenis pelajaran yang mereka sukai. Ternyata :
-
Buyung
menyukai IPS dan Kesenian
-
Doni
menyukai Ketrampilan dan Olahraga
-
Vita
menyukai IPA
-
Putri
menyukai atematika dan bahasa Inggris
Jika
A = {Buyung,Doni,Vita,dan Putri}, dan B = {IPS, Ketrampilan, Olahraga, IPA,
matematika, dan bahasa Inggris}, maka dapat dibentuk relasi (hubungan) antara
anggota-anggota himpunan A dan anggota-anggota himpunan B. Relasi yang tepat
dari himpunan A ke himpunan B adalah “Menyukai”.
1.
Menyatakan Relasi
Relasi antara dua himpunan
dinyatakan dengan cara :
a.
Diagram
panah
b.
Diagram
Cartesius
c.
Himpunan
pasangan berurutan
2.
Menjelaskan pengertian Fungsi (pemetaan)
Pemetaan atau Fungsi dari A ke B
Adalah relasi khusus yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu nggota
B.
Gambar (i) bukan pemetaan (fungsi) karena ada anggota A yaitu b yang memiliki
lebih dari satu pasangan di B.
Gambar (ii) adalah pemetaan (fungsi) karena masing-masing
anggota A memiliki tepat satu pasangan di B.
Gambar (iii) bukan pemetaan
(fungsi) karena ada anggota A yaitu b yang tidak memiliki pasangan di B.
Banyak
pemetaan (fungsi) dari 2 himpunan.
Banyak pemataan dari himpuna A ke himpunan B = n(B)n (A)
Pada gambar ii di atas n(A) = 3 sedangkan n(B) = 4
maka:
Banyak pemetaan dari himpunan A ke himpunan B = 43 =64
Keterangan =
n (A) adalah banyak anggota himpunan A
n (B) adalah banyak anggota
himpunan B
4.
Korespondensi
satu – satu
Himpunan A dikatakaan berkorespondensi satu –satu
dengan himpuna b jika :
a.
Setiap
anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota B
b.
Setiap
anggota B dipasangkan dengan tepat satu anggota A
5.
Banyak
korespondensi satu-satu yang terjadi dari himpunan A ke himpunan B
n(A) = n(B) =
4
Banyak korespondensi satu-satu = 4 x 3 x 2 x 1 = 24
6.
Domain
adalah daerah asal
Domain (daerah asal) pada tabel
I di atas adalah : {Buyung, Doni, Vita, Putri}
7.
Kodomain
adalah daerah kawan
Kodomain (daerah kawan) pada tabel I di atas adalah
: {IPS, Kesenian, Ketrampilan, Olahraga, Matematika, IPA, Bahasa Inggris)
8.
Range
adalah daerah hasil
Range
(Darah Hasil) pada tabel I di atas adalah : { IPS, Kesenian, Ketrampilan,
Olahraga, Matematika,
IPA, Bahasa Inggris}
A.
Menentukan Rumus Fungsi
Suatu fungsi yang dinyatakan dengan aturan tertentu
umumnya diberi nama dengan menggunakan huruf
latinkecil, misalnya f, g, h atau huruf lainnya.
Jika fungsi f memetakkan setiap anggota himpunan A
ke y anggota himpunan B, maka dapat ditulis sebagai berikut:
f : x → y
f(x) = y
f : x
2x
– 5 rumus fungsinya menjadi f(x) = 2x – 5
B.
Menghitung nilai
fungsi
Suatu fungsi f(x) mempunyai variabel x dan untuk
nilai variabel x tertentu , kita dapat menghitung nilai fungsinya. Jika nilai
variabel suatu fungsi berubah maka akan menyebabkan perubahan pada nilai
fungsinya.
Contoh :
Diketahui fungsi f : x
3x – 1, tentukan :
a.
Rumus
fungsinya
b.
Nilai
fungsi x = 3 dan x = 2
Jawab :
a. F(x) = 3x – 1
b. f(3) = 3(3) – 1 = 8, f(2) = 3(2) – 1 = 5
C.
Membuat
sketsa grafik fungsi
aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
Untuk menggambar grafik fungsi dari suatu persamaan
yang telah ditentukan, terlebih dahulu tentukanlah paling sedikit dua titik
yang dilalui oleh garis itu (grafik) dengan
membuat tabel hubungan antara nilai x dan nilai y kemudian menarik garis
lurus yang melalui kedua titik tersebut.